Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense

Tnifi.com - Apakah kamu mempunyai situs web pribadi? Jika ya, kamu bisa menghasilkan uang dari situs atau website yang kalian kelola. Kalian bisa menghasilkan uang dari situs web lewat Google Adsense. Google Adsense merupakan platform jaringan iklan yang bisa Kamu gunakan untuk menampilkan iklan situs milikmu. 

Dalam artikel kali ini, kami akan membaha tentang Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense. Simak terus panduan nya sampai habis!  Untuk informasi lainnya terkait situs web, baca juga artikel Cara Membuat Blog dengan Mudah di Blogger

Cara Mendapatkan Uang Dari Google Adsense

Berikut langkah-langkah mudah mendapatkan uang dari google adsense :

  1. Pasang iklan (adspace) di situs milikmu 
  2. Selanjutnya, Google akan mencocokan iklan dengan isi konten atau artikel yang kalian tulis.
  3. Terakhir, Kamu akan mendapatkan uang dari klik iklan yang tampil di situsmu.

Pengertian CPM dan CPC

Ada dua sumber pendapatan kamu dari Google Adsense, yaitu CPM dan CPC. CPM merupakan biaya yang dikeluarkan Adsense kepada kita (publisher) per seribu penayangan iklan. Sementara itu, CPC merupakan pendapatan yang diterima penerbit (publisher) per klik suatu situs, misalkan situsmu CPC nya Rp5000 maka jika dikali 10 klik sudah mencapai Rp50.000.

Kelebihan Google Adsense

Google adsense bisa menjadi sumber penghasilan utama kamu sebelum mendapatkan dari sumber lain. Selain gratis, kalian tidak perlu ribet mengatur dan menyesuaikan iklan dengan isi konten. Pasalnya, Google Adsense akan memberikan iklan yang relevan dengan isi kontenmu, kamu hanya tinggal atur letak dan format iklan yang akan ditampilkan. Kalian juga mampu menghubungkan banyak situs web dalam satu akun adsense. 

Kekurangan Google Adsense

Kekurangan pertama yaitu dengan batas minimum penarikan yang kisaran $100 atau setara dengan Rp1.300.000. Menghasilkan uang sebesar itu akan menjadi kesulitan tersendiri, karena kamu dituntut untuk mendapatkan banyak traffic maupuk klik iklan. Selain itu, kebijakan Google Adsense sangat ketat, kalian tidak diperbolehkan mengklik iklan milik situs sendiri secara sengaja maupun tidak disengaja, karena dapat berakibat fatal seperi pembatasan dan invalid traffic. 

Berbagai Macam Jenis Iklan Adsense

Ada dua jenis iklan adsense yang bisa kamu tampilkan di situs milikmu. Berikut diaantaranya

Ad Unit (Unit Iklan)

Istilah unit iklan akan sering kamu jumpai di Google Adsense. Untuk cara pemasanganya sendiri kamu harus melakukannya secara manual. Seperti mengatur ukuran, format, dan tempat dimana iklan tersebut akan tampil. Unit iklan terbagi menjadi 5 bagian. Berikut diantaranya :
  1. Iklan Display : Mungkin diantara kalian familiar dengan iklan satu ini. Karena sering dijumpai di situs² berita atau semacamnya. Iklan satu ini juga bersifat flexsibel dan mudah diatur ukuran nya. Selain itu, kalian juga bisa mengunci iklan jenis ini.
  2. Iklan In Feed : Iklan in feed sendiri merupakan jenis iklan yang tersusun dari blok-blok yang bisa digulir sesuka hati. Iklan jenis ini disesuaikan dengan isi konten artikelmu atau bersifat native. Iklan jenis ini biasanya muncul diantara suatu halaman, di awal maupun di akhir halaman. 
  3. Iklan Dalam : Ikan jenis ini biasanya muncul di diantara paragraf suatu artikel yang ada di situs milikmu. 
  4. Iklan Multiplek : Iklan multiplek merupakan kumpulan dari banyak iklan yang tampil dalam sebuah unit iklan. Iklam satu ini, biasannya dimunculkan di bagian akhir konten satu halaman.
  5. Iklan mesin pencari (search engine ads) : seperti namanya, iklan search engine merupakan iklan yang bisa pengunjung kamu gunakan selayaknya mesin pencari. Saat pengguna menggunakannya, Google Adsense akan memunculkan hasil pencarian sekaligus menampilkan iklan milikmu. Kamu akan menghasilkan uang dari klik iklan pengguna.

Iklan Otomatis

Seperti namanya, iklan otomatis adalah iklan yang secara otomatis di tampilkan di situs milikmu. Tentunya, iklan satu ini memiliki kinerja yang lebih baik dari iklan-iklan sebelumnya. Selain itu, iklan ini juga dapat meningkatkan pendapatan serta dapat menyesuaikan dengan struktur situs milikmu. Untuk memasang iklan ini, kamu yang perlu memasangkan kode di html situsmu. Setelah memasukan kode, berikut tahapan yang harus di perhatikan :
  • Buka Google Adsense
  • Pergi ke tab iklan
  • Setelah itu, klik tanda pensil di samping nama situsmu
  • Lalu, aktifkan iklan otomatis di pojok kanan atas
Berikut beberapa macam iklan otomatis :
  • Iklan dalam halaman (in page) : Iklan jenis ini, biasanya berupa banner iklan yang sifatnya tidak memakan ruang dan juga tidak bersifat lengket. 
  • Iklan vinyet : Iklan satu ini memakan seluruh ruang layar pengguna. Biasanya iklan ini akan muncul ketika pengguna yang sedang mengunjungi salah satu artikel di situsmu, dan berpindah ke artikel lain. Kalian bisa mengatur agar iklan vinyet tidak tampil di layar lebih dari 1000 pixel, atau layar dekstop.
  • Iklan Anchor : Iklan anchor merupakan iklan yang bisa kamu munculkan di atas atau dibawah situs milikmu. Iklan jenis ini akan tetap ada hingga pengguna mengscrollnya. 
  • Iklan Rel Samping : Seperti iklan Ancor, iklan rel samping juga akan tetap berada di tempatnya hingga pengguna menscroll situsmu. Bedanya iklan ini muncul di samping kanan atau kiri situsmu.

Tips Ampuh Mengoptimalkan Pendapatan Adsense

Setelah kamu mengetahui jenis-jenis iklan, kami akan membagikan tips-tips yang bisa kamu coba untul meningkatkan atau mengoptimalkan pendapatan adsense di situsmu.

1. Cek Profitable Website

Seperti yang sudah di jelaskan, Kamu sebagai penerbit harus mendapatkan minimal $100 atau setara dengan 1.300.000 untuk mencairkan pendapatan saldo Adsense Kamu. Untuk mendapatkan batas minimal penarikan, kamu memerlukan banyak traffic. Semakin banyak traffic website kamu, maka semakin bagus juga performa dan pendapatan kalian.

2. Buat konten yang berkualitas

Jika kamu sudah memiliki situs dengan niche yang potensial, selanjutnya kamu harus menerapkan optimasi SEO (Search Engime Optimization) untuk situsmu. Situs yang memiliki SEO bagus tentu akan mendapatkan nilai tinggi di mesin pencari dan pastinya akan mendapatkan semakin banyak klik. 

3. Pilih Iklan Yang Memiliki Keterlihatan Paling Baik

Mungkin diantara pengguna iklan menjadi sangat mengganggu, pastikan harus terlihat dengan jelas dan jangan pernah menyembunyikan iklan dari pengguna. Kalian bisa menempatkan iklan di area yang mencolok, seperti di bagian sebelum scroll kebawah pertama kali. Selalu cek dan perbaiki kecepatan situs, tampilkan iklan yang menarik, dan kurangin panjang konten dan halaman situsmu

4. Optimalkan untuk pengguna Mobile

Saking banyaknya pengguna yang browsing di perangkat mobile, kamu tentu perlu mengatur iklan mu agar berjalan bagus di perangkat mobile. Seperti membuat situs khusus Mobile dan menerapkan jenis iklan vinyit yang dinilai memiliki performa bagus di perangkat Mobile.
Utamakan pengalaman pengguna
Pastikan agar pengguna mendapatkan yang mereka mau dan merasa betah di situsmu. Selain itu, dengan pengalaman pengguna yang baik, tentu saja akan membawa dampak baik buat situs mu, dan akan membuat situsmu naik ke level yang lebih tinggi.

5. Jangan Pernah Memerikan insentif kepada pengguna

Kamu tidak diperbolehkan untuk menyuruh pengguna mengklik iklan dengan memberi hadiah sekian. Hal ini sangat melanggar kebijakan Google Adsense dan berakibat fatal, bisa saja kamu tidak diperbolehkan menayangkan iklan di situsmh lagi. 

6. Tambahkan Ads.txt

Dengan banyaknya traffic, kamu pasti tidak ingin ada iklan lain yang tidak kamu pasang muncul di situsmu. Kamu tentu bisa mengakalinya dengan memasang ads.txt. Ads txt merupakan script untuk mengijinkan platform iklan mana saja yang boleh tampil di situs kamu, sehingga kamu bisa menghindari iklan yang numpang di situsmu.

7. Biarkan Google Adsense Bekerja Keras Untukmu

Menurut pihak Google, iklan otomatis dinilai lebih efektif. Pasalanya kamu hanya tinggal fokus ke kontenmu dan membiarkan Google Adsense yang mengoptimalkan iklan di situs miliku. Kamu juga bisa melakukan eksperiment dan melihat iklan mana yang paling efektif di situsmu.

Kesimpulan

Google AdSense adalah solusi efektif untuk menghasilkan uang dari situs web Kita. Dengan memanfaatkan berbagai jenis iklan, mengoptimalkan konten, dan memastikan pengalaman pengguna yang baik, Kamu dapat meningkatkan pendapatan dari situs milikmu secara signifikan. Segera terapkan tips-tips di atas dan biarkan Google AdSense bekerja untuk Kamu!

Mulailah sekarang dan optimalkan pendapatan dari situs web Anda dengan Google AdSense!

0 Comments